New Post

Thursday, April 13, 2017

Cara Mengetahui IP Address Komputer Lain Dengan Advanced Port Scanner

Advanced Port Scanner

Advanced Port Scanner adalah port scanner yang kecil, cepat, mudah digunakan, dan robust untuk platform Win32. Aplikasi ini menggunakan multithreaded, sehingga dengan mesin yang cepat anda bisa melakukan port scanning hanya dengan beberapa detik. Homepage: http://www.radmin.com

Download Advanced Port Scanner terkompresi
Advanced Port Scanner


Apa itu Port Scanner dan Port Scanning?

Seorang tamu atau pengunjung yang ingin masuk ke dalam suatu alamat, tetapi kepingin tahu mana saja pintu yang terbuka (anda pemilik rumah bisa saja membuka lebih dari satu port tetapi yang diberitahukan ke tamu hanya satu port semisal anda membuka port di pintu ke 80, 5000, 5050, 3128, 8080, tetapi anda hanya memberitahu pengunjung bahwa pintu ke 80 terbuka tanpa memberi tahukan yang lainnya. Pengunjung juga sebenarnya tidak perlu tahu pintu ke berapa yang terbuka, karena pengunjung tanpa mengetahui pintu mana yang terbuka, tetapi kalau sudah melihatnya ya langsung saja bisa masuk.

Seorang pengunjung, misalnya, karena alasan tertentu (pengen masuk lewat jalan belakang, atau karena pintu yang terbuka sudah penuh sesak dengan pengunjung atau tamu yang berkeliaran keluar masuk), ingin masuk tidak lewat pintu utama. Karena banyaknya pintu dalam sebuah rumah, ia tidak ingin menghabiskan waktu dengan mengetuk satu-persatu pintu (jumlahnya ribuan), sehingga ia tahu mana yang tidak terkunci atau terbuka. Dengan suatu ide kecil, ia membeli atau mencuri, atau meminta, atau mencari di tempat penyediaan gratis, sebuah robot yang bisa digunakan untuk mencari, mengetuk dan mengetahui pintu mana yang tidak terkunci alias terbuka. Ya robot itu adalah Port Scanner. Robot bisa diterjemahkan dengan Software. Dan proses untuk mencari dan menemukan itulah yang disebut dengan Port Scanning.

Cara menggunakan Advanced Port Scanner

Di jendela utama, user dapat memilih alamat ip/port yang dibutuhkan dan memulai proses scan. Dengan menekan tombol scan, tools ini akan scanning alamat ip beserta port dan hasilnya ditampilkan berbentuk ikon komputer pada bagian report window. Ketika ikon tersebut diklik, akan tampil port mana saja yang ditutup dan port yang terbuka diikuti dengan deskripsinya.

Select IP Input alamat ip yang akan di-scan. Jika ingin memindai ip berdasarkan range (misal, 192.168.0.0-192.168.0.255) , centang pada bagian use range. Atau jika ingin memasukkan beberapa list ip, centang use groups of ranges.

Scan
Tekan tombol ini saat memulai scanning. Saat scan, tombol ini berubah menjadi Stop, dan bila ditekan, proses scanning akan dihentikan.

Select ports range
untuk memasukkan range dari nomor port yang akan di-scan. Hampir sama seperti input ip, user juga dapat menginputkan list port yang dikehendaki.

Use default port list
Jika tidak yakin port mana saja yang akan di scan dan tidak ingin melakukan scan kesemua 65536 port, centang pilihan ini untuk melakukan scan 67 nomor port yang biasa digunakan (FTP, HTTP, TELNET, dsb).

Tombol Toolbar 'show alive computers'
menampilkan / menyembunyikan komputer “hidup” yang merespon terhadap ping.

Tombol Toolbar 'show dead computers'
menampilkan / menyembunyikan komputer “mati” yang tidak merespon terhadap ping.

Tombol Toolbar 'show unknown computers'
menampilkan / menyembunyikan komputer yang belum dicek dengan melakukan perintah ping.

Semoga Bermanfaat!


Sumber: http://logbook-angga.blogspot.co.id/

Share this:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

 
Copyright © 2014 CaraNya Internet. Designed by OddThemes