New Post

Friday, September 8, 2017

Cara Mempercepat Kinerja Sistem Operasi Windows

Masyarakat jaman sekarang tidak terlepas dengan penggunaan komputer baik itu dirumah, di sekolah maupun di kantor. Adapun Sistem Operasi yang kebanyakan digunakan yaitu Sistem Operasi Windows.

Sistem Operasi Windows banyak digunakan karena gaya dialog yang mudah di pahami oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dan dewasa hingga manula pun.

Cara Mempercepat Kinerja Sistem Operasi Windows

Namun masih banyak yang belum mengetahui cara mempercepat kinerja dari sistem operasi ini. Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan sedikit wawasan saya tentang cara mempercepat kinerja sistem operasi windows. Adapun caranya :

1. Menghapus isi Recent Place

Recent place adalah tempat dimana tersimpan riwayat folder yang telah kita buka di windows explorer dan tersimpan di memori RAM. Dengan menghapus isi dari Recent place, membuat kapasitas memori bertambah.

2. Menghapus isi Recycle bin

Data yang kita hapus di windows tanpa menggunakan keyboard "SHIFT+DEL" akan tersimpan di Recycle bin. Semakin banyak data yang tertampung di Recycle bin, akan semakin banyak memakan kapasitas penyimpanan.



3. Lakukan Disk Clean Up dan Menghapus isi dari folder "temp"

Setelah melakukan disk cleanup akan tersisa file temporary. File ini ada pada folder "temp" sebenarnya akan terhapus sendiri dalam jangka waktu 7 hari. Namun kita bisa menghapusnya dengan menggunakan RUN yang bisa diakses dengan menekan tombol "Win+R" , kemudian ketik "%temp%".
folder temp sendiri merupakan folder tersembunyi.

4. Menghapus isi folder "Prefetch"

Prefetch Files boleh saja disebut "sampah" karena di dalamnya memang hanya berisi list - daftar nama dan lokasi file yang dibutuhkan untuk me-load suatu aplikasi. Sama sekali bukan berisi script program yang dapat di-eksekusi. 

5. Mengubah value "menu show delay" pada Regedit

Ubah value "menu show delay " menjadi 0 dengan cara buka "RUN" lalu ketik "regedit" lalu tekan "CTRL+F" lalu ketik "menushowdelay " tanpa tanda kutip. Ada beberapa menu show delay di dalam regedit , jadi terus cari sampai  ada peringatan Finish.

Dengan menggunakan trik diatas, akan mempermudah komputer meload Sistem Operasi Windows karena data yang tersimpan sementara di RAM berkurang.

Share this:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 comments

cara ini sangat work..
thanx atas infonya gan

Balas

saya pakek windows 10 kok masih sama ya mas ?
apa memang windowsnya yang lemot ?

Balas

 
Copyright © 2014 CaraNya Internet. Designed by OddThemes