New Post

Tuesday, July 24, 2018

Mengatasi Prompt Initramfs Pada Boot Linux

Kali ini saya akan share pengalaman saya mengatasi masalah Prompt Initramfs pada boot Linux. Waktu itu saya baru saja mencoba Sistem Operasi Linux dengan Distro 'Kali '. Mungkin baru 2 mingguan lah saya menggunakan OS itu dengan sistem dual boot (dalam laptop terdiri dua sistem operasi). Saya menggunakan Windows 8 dan Kali yang sebagai grub (penghubung untuk mengakses salah satu sistem operasi tersebut).

Mengatasi Prompt Initramfs Pada Boot Linux


Pada minggu pertama, tidak ada masalah yang terjadi pada laptop saya dalam artian normal-normal saja. Pada minggu kedua, saya mulai menginstall aplikasi tambahan untuk membantu saya pada os windows tersebut. Dan saya melakukan shutdown paksa pada saat itu karena laptop sedang not responding. Setelah laptop tersebut dalam keadaan mati, saya mencoba lagi untuk menghidupkan kembali. Dan apa yang terjadi?, Muncul Prompt pada boot dengan tulisan Initramfs seperti gambar dibawah. 


Hasil gambar untuk initramfs



Setelah saya googling, saya mendapatkan situs https://www.proposedsolution.com/ dan mendapatkan penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi. Benar dugaan, dalam situs tersebut di jelaskan hal ini terjadi karena windows salah shutdown dan os linux diinstall di partisi NTFS bukan EXT.

Adapun Solusi yang diberikan oleh situs tersebut :
Langkah - Langkahnya :
Jalankan CHKDSK dan Shutdown Windows
Restart komputer Anda ke Windows
Buka prompt dan ketik CMD:
chkdsk c: / f

Catatan:
Anda mungkin mendapat pesan bahwa Windows perlu menjadwalkan chkdsk saat komputer dijalankan lagi. Setujui saja dan reboot.

Setelah chkdsk selesai dengan sukses, matikan Windows dengan menggunakan metode Start> Shutdown.
Ketika reboot pilih untuk masuk ke Kali dari menu startup Anda.

Adapun Solusi dari saya sendiri, bisa dikatakan jika solusi di atas tidak berhasil maka gunakan solusi ini:
Langkah - Langkahnya :
Nyalakan laptop/pc, lalu masuk ke sistem operasi linux.
Setelah Prompt Initramfs muncul, ketik "fsck -yv /dev/sda*" tanpa tanda petik.
Catatan: 
sda* = partisi boot linux anda. Contoh pada Linux saya sda4 seperti gambar dibawah:

Mengatasi Prompt Initamfs Pada Boot Linux

Untuk mengeceknya silahkan ketik "fdisk -l". Lihat sda mana yang mempunyai bintang.
Setelah proses selesai, silahkan Restart laptop/pc anda dengan menekan CTRL+ALT+DEL.

Mungkin sekian dulu dari saya, semoga postingan diatas bermanfaat.

Jangan lupa di share ~ admin :)




Share this:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

 
Copyright © 2014 CaraNya Internet. Design By : ODDTHEMES