New Post

Tuesday, July 24, 2018

Mengenal HTTP dan HTTPS

HTTP VS HTTPS

Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari HTTP, protokol yang mengirim data antara browser Anda dan situs web yang terhubung dengan Anda. 'S' pada akhir HTTPS adalah singkatan dari 'Aman'. Ini berarti semua komunikasi antara browser Anda dan situs web dienkripsi. HTTPS sering digunakan untuk melindungi transaksi online yang sangat rahasia seperti perbankan online dan formulir pemesanan belanja online.

Browser web seperti Internet Explorer, Firefox dan Chrome juga menampilkan ikon gembok di bilah alamat untuk secara visual menunjukkan bahwa koneksi HTTPS berlaku.

Http vs Https


Bagaimana cara kerja HTTPS?

Halaman HTTPS biasanya menggunakan salah satu dari dua protokol aman untuk mengenkripsi komunikasi - SSL (Secure Sockets Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Baik protokol TLS dan SSL menggunakan apa yang dikenal sebagai sistem Public Key Infrastructure 'asimetris' (PKI). Sistem asimetris menggunakan dua 'kunci' untuk mengenkripsi komunikasi, kunci 'publik' dan kunci 'pribadi'. Apa pun yang dienkripsi dengan kunci publik hanya dapat didekripsi oleh kunci privat dan sebaliknya.

Seperti namanya, kunci 'pribadi' harus dijaga ketat dan hanya boleh diakses oleh pemilik kunci privat. Dalam kasus situs web, kunci pribadi tetap aman berlindung di server web. Sebaliknya, kunci publik dimaksudkan untuk didistribusikan kepada siapa saja dan semua orang yang perlu dapat mendekripsi informasi yang dienkripsi dengan kunci privat.


Apa itu sertifikat HTTPS?

Saat Anda meminta koneksi HTTPS ke halaman web, situs web pada awalnya akan mengirim sertifikat SSL ke browser Anda. Sertifikat ini berisi kunci publik yang diperlukan untuk memulai sesi aman. Berdasarkan pada pertukaran awal ini, browser Anda dan situs web kemudian memulai 'jabat tangan SSL'. Handshake SSL melibatkan generasi rahasia bersama untuk membangun koneksi aman yang unik antara Anda dan situs web.

Ketika SSL Sertifikat Digital terpercaya digunakan selama koneksi HTTPS, pengguna akan melihat ikon gembok di bilah alamat browser. Ketika Sertifikat Validasi Diperpanjang dipasang di situs web, bilah alamat akan berubah menjadi hijau.


Mengapa Sertifikat SSL Diperlukan?

Semua komunikasi yang dikirim melalui koneksi HTTP biasa dalam 'teks biasa' dan dapat dibaca oleh peretas apa pun yang berhasil membobol koneksi antara peramban Anda dan situs web. Ini menyajikan bahaya yang jelas jika 'komunikasi' ada dalam formulir pesanan dan termasuk rincian kartu kredit Anda atau nomor jaminan sosial. Dengan koneksi HTTPS, semua komunikasi dienkripsi dengan aman. Ini berarti bahwa bahkan jika seseorang berhasil membobol koneksi, mereka tidak akan bisa mendekripsi data apa pun yang lewat di antara Anda dan situs web.


Manfaat dari Hypertext Transfer Protocol Aman

Manfaat utama dari sertifikat HTTPS adalah:

Informasi pelanggan, seperti nomor kartu kredit, dienkripsi dan tidak dapat disadap
Pengunjung dapat memverifikasi Anda adalah bisnis terdaftar dan bahwa Anda memiliki domain
Pelanggan lebih cenderung mempercayai dan menyelesaikan pembelian dari situs yang menggunakan HTTPS.

Share this:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

 
Copyright © 2014 CaraNya Internet. Design By : ODDTHEMES