New Post

Tuesday, July 17, 2018

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Microsoft Word ( Wine ) Linux

Kemarin saya sudah memposting Cara Menginstall Microsoft Word Di Linux , kali ini saya akan berbagi pengalaman masalah - masalah yang saya dapatkan saat menggunakan Microsoft Word di Linux dan cara mengatasinya.



Beberapa hari yang lalu, laptop tetangga saya mengalami kerusakan pada sistem operasinya. Adapun penyebab kerusakan Os nya adalah flashdisk yang terinfeksi virus dan Antivirus yang tidak pernah sama sekali di update. Karena tetangga saya itu orangnya kerja di kantoran, otomatis colok - menyolok flashdisk tidak bisa dihindari. Jadi saya sarankan untuk menggunakan Linux agar aman dari serangan virus - virus yang menyerang file .exe tersebut.

Setelah saya, menginstall laptop tersebut dengan OS Linux Ubuntu 14.04 dan aplikasi - aplikasi tambahannya (termasuk Wine dan Microsoft Office) , disinilah saya mulai mendapatkan masalah. Salah satu masalah yang saya dapatkan adalah Printer tidak terdeteksi di aplikasi Microsoft Word. Setiap kali saya menekan CTRL + P muncul tulisan yang maksudnya tidak ada printer yang terinstall pada OS. Padahal, saya sudah mengkonfigurasinya dan saya sudah coba test print di Libre Office.

Setelah sekian lama googling, tak ada satupun situs indonesia yang memiliki artikel berisi solusi dari masalah tersebut (maklum googling pake bahasa indonesia hehehe). Dan pada akhirnya saya menemukan situs forum dari OS ubuntu yang berisi pertanyaan dan jawaban yang saya cari. Solusinya dari masalah tersebut adalah :

1. Pastikan Printer tersambung ke komputer.

2. install libcups2 dengan membuka terminal (pastikan terkoneksi internet) , lalu ketikkan " sudo apt-get install libcups2 " (tanpa tanda petik).

3. Jika ingin mencetak file .pdf, anda harus menginstall cups-pdf dengan perintah " sudo apt-get install cups-pdf ".

Setelah saya menginstall CUPS tersebut, saya coba close dlu winenya, lalu saya jalan kan kembali, adan tadaaaa! printernya sudah muncul, Alhamdulillah :).

Anda juga bisa mengkonfigurasi aplikasi tersebut dengan mengakses 127.0.0.1:631 di browser anda. Untuk lebih jelasnya tentang Cups ini anda dapat mengunjungi situs Cups documentation.

sekian dulu dari saya, semoga solusi diatas dapat membantu teman - teman sekalian.

jangan lupa share yah ~ admin :)



Share this:



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

 
Copyright © 2014 CaraNya Internet. Design By : ODDTHEMES